Contoh Proposal Wirausaha
Catatan :
Font 12 Time News Roman
Size Kertas A4
Space 1,5
Paragraf Rata kanan kiri
PROPOSAL BUSINESS
PLAN
USAHA HIJAB
INSTAN SYABI
BUSINESS PLAN
Diusulkan oleh:
Hanifah
Salsabila 1641166
LED PROGRAM
UNIVERSITAS
INTERNASIONAL BATAM
DESEMBER 2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah
SWT yang selalu melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat
menyusun tugas mata pelajaran kewirausahaan dengan membahas susunan-susunan
dalam bentuk proposal yang berjudul “Usaha Jilbab Instan Syabi”
Pada
kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan banyak terima kasih kepada:
1. Bapak
dosen bidang kewirausahaan yang telah memberikan tugas, petuntuk kepada kami
sehingga kami bermotifasi dan menyelesaikan tugas ini.
2. Orang
tua yang telah turut membantu, membimbing dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga
tugas ini selesai.
Akhirnya walaupun dalam
penulisan proposal ini kami telah berusaha semaksimal mungkin, namun kami
menyadari masih banyak kekurangan dalam berbagai hal. Oleh karena itu kami
mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dan penyempurnaan
dimasa yang akan datang.
Harapan kami semoga
proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan fikiran bagi pihak yang
membutuhkan khususnya bagi kami sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.
Batam,...................
2016
Penulis,
Hanifah
Salsabila
DAFTAR ISI
Cover.......................................................................................................................................... i
Kata Pengantar........................................................................................................................ ii
Ringkasan................................................................................................................................ iv
Bab I Pendahuluan.................................................................................................................. 1
1.1 Latar Belakang ............................................................................................................... 1
1.2 Tujuan............................................................................................................................... 1
1.3 Manfaat
Kegiatan............................................................................................................. 1
Bab II Pelaksanaan Program.................................................................................................. 4
2.1 Prospek Pengembangan .................................................................................................. 2
2.2 Materi Pelatihan ............................................................................................................. 2
2.3 Waktu Dan Tempat Pelaksana ....................................................................................... 2
2.4 Target Pemasaran ........................................................................................................... 2
2.5 Aspek Organisasi dan
Manajemen ................................................................................ 2
2.6 Analisis SWOT .............................................................................................................. 2
2.7 Rancangan Aktivitas Untuk
Meningkatkan Penjualan .................................................. 2
2.7.1 Level Sosial Konsumen
(segmen pasar) .............................................................. 2
2.7.2 Strategi Pemasaran............................................................................................... 2
2.8 Bahan – bahan yang dibutuhkan
untuk proses pembuatan jilbab instant........................ 6
2.9 Modal Awal..................................................................................................................... 8
2.9.1 Hasil Penjualan
Dan Keuntungan.......................................................................... 8
2.10 Jasa yang dibutuhkan untuk proses
pembuatan jilbab instant....................................... 8
Bab
III Metodologi Pelaksanaan ....................................................................................... 9
3.1
Jumlah Tenaga Kerja
yang di Butuhkan ....................................................................... 9
Bab IV Biaya
Dan Jadwal Kegiatan.................................................................................... 10
4.1 Jadwal Kegiatan............................................................................................................. 10
4.2 Modal Yang di Butuhkan ............................................................................................. 11
Daftar Pustaka ...................................................................................................................... 12
Lampiran ............................................................................................................................... 13
RINGKASAN
Salsabila
Stuff adalah perusahaan kecil yang bekerja dalam
bidang fashion, hijab ataupun jilbab yang siap pakai
tanpa harus repot-repot lagi menggunakan jarum ataupun peniti. Target pasar saya dari tingkat anak – anak sampai orang dewasa
namun khususnya kepada wanita muslim. Dalam rencana pengembangan usaha, saya memiliki dua cara agar proses pengembangan
cepat dan tidak menunggu lama. Cara yang pertama saya
menggunakan sistem Online proses nya cukup panjang, awal merintis usaha ini
tidaklah mudah pertama saya memulai usaha pada tahun 2015 kemudian menjual
produk melalui facebook dan instagram.Karena berkembangnya teknologi yang canggih saya
memulai menjual produk saya di toko online seperti Bukalapak, Olx, Lazada dan
Blibli.com,saya menawarkan berbagai macam diskon untuk menarik pelanggan dan
pelayanan yang saya berikan adalah pelayanan yang terbaik sehingga konsumen
betah untuk berbelanja di Salsabila stuff. Cara kedua yang saya lakukan adalah melalui
face to face atau bertemu langsung dengan konsumen agar meyakinkan produk yang
saya jual memilik kualitas yang bagus dan tidak pasaran, dan produk saya ini
memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki toko lain. Mereka dapat melihat produk saya darimana dan kapan saja dan langsung memesan,
tanpa harus datang ke tempat kami, karena itulah saya lebih fokus menjual
produk saya via online shop.
Prospek pengembangan ini, saya optimis bisa meningkatkan penghasilan perusahaan saya untuk kedepannya,karena saya akan terus
membuat inovasi-inovasi terbaru agar produk saya tidak membosankan dan bisa
berkembang dengan sukses.
Setiap minggu saya menargetkan minimal 12 jilbab terjual. Data ini saya dapatkan berdasarkan perhitungan yang saya lakukan, agar perputaran uang dalam perusahaan
berjalan dengan baik. Rencana pendapatan perusahaan perbulan jika produk
terjual sebanyak target minimal yaitu 12 item dengan modal produksi Rp.85,000 hingga
Rp.130,000 dan kami jual dipasaran dengan harga Rp 90.000/item maka kami mendapatkan keuntngan
sebesar Rp Rp.1.080,000 – 1.560,000/bulan.
Estimasi modal yang kami butuhkan, sekitar
Rp19.400,000-. Modal tersebut diperuntukkan untuk pengadaan barang modal yang
nantinya akan saya jual kembali. Dalam sistem bisnis, kami membeli produk mereka
dengan sistem kredit. Dari
modal awal kami memberikan uang muka sebagai tanda kesepakatan bisnis.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pilihan sebuah usaha yang tepat sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah
usaha. Dalam laporan wirausaha, penulis mencoba mengamati sebuah usaha yang
bergerak dibidang fashion hijab. Fashion hijab sebagai salah satu fashion
trendi yang sedang marak di kalangan wanita muslim karena selain sebagai
fashion, hijab juga merupakan kebutuhan sehari hari seorang muslimah namun
penulis akan mencoba mempermudah cara pemakaian hijab yang lebih modern lagi
namun tetap menutup aurat tanpa harus ribet menggunakan jarum atau peniti
sehingga lebih mudah digunakan untuk kalangan wanita muslim mulai dari
anak-anak hingga dewasa. Khususnya diwilayah Batam Kepulauan Riau mayoritasnya
adalah islam dan dalam hal pemasaran
jangka waktu panjang hijab instan memiliki pangsa pasar yang cukup baik. Hal
ini menjadikan penulis tertarik untuk mempelajari bagaimana cara usaha
pembuatan hijab instan.
1.2 Tujuan
Membuat suatu usaha dibidang fashion hijab
dengan gaya yang modern namun instan dan memiliki daya tarik tersendiri
sehingga memiliki nilai jual ekonomis di masyarakat.
1.3 Manfaat Kegiatan
1)
Mengamati aspek-aspek penting dalam berwirausaha yang
harus diperhatikan sebelum memulai usaha.
2)
Menambah wawasan tentang cara memulai usaha.
3)
Melatih dalam pembuatan rencana anggaran secara
sistematis.
4)
Sebagai pedoman wirausaha untuk tetap fokus pada
tujuan dan target bisnisnya.
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM
2.1 PROSPEK PENGEMBANGAN
Berbisnis tidak hanya dapat di lakukan
dengan barang – barang yang harus baru setiap saat. Tetapi hanya dengan barang yang
sederhana dan ide yang inovatif, kita dapat membuat hasil kreasi barang yang
memuaskan dan bahkan dapat mendatangkan keuntungan.
Kreasi juga bisa datang dari sekedar hobi,
Hobi ternyata bisa mendatangkan keuntungan. Dari tangan-tangan kreatif, sebuah
hobi bisa mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yang lumayan. Hal
utama yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen.
Banyak hal yang dapat dijadikan sebagai
objek untuk berbisnis. Salah satu usaha yang bisa dijadikan bisnis yaitu usaha
dibidang Fashion hijab. Tidak
diragukan lagi dari tahun ke tahun fashion hijab memilik perkembangan yang
cukup pesat sehingga semakin banyak juga wanita muslim yang mulai memakai
jilbab belakangan ini, banyak sekali yang mulai mengembangkan model hijab
sehingga bisa dikenal mancanegara sebagai fashion yang trendi masa kini. Karena
hijab adalah kebutuhan sehari hari wanita muslim, maka saya akan membuat jilbab
yang mudah untuk digunakan sehari hari dan nyaman. banyak orang yang mengira
memakai jilbab itu akan ketinggalan zaman, padahal dizaman sekarang fashion
yang sangat marak dan banyak digeluti oleh artis maupun desainer ternama adalah
fashion hijab. Untuk itu, usaha fashion hijab yang saya dirikan ini sangat
banyak manfaatnya dan soal kualitas tidak perlu diragukan lagi.
Tidak hanya itu, karena saya merintis usaha
ini pada saat saya masih duduk dibangku sekolah, saya ingin mengembangkan nya
lebih baik lagi dan memberitahu kepada masyarakat luar bahwa membuka sebuah
usaha pada awalnya tidak perlu memilik modal hanya dengan menjual produk orang
lain kita akan bisa membuka sebuah usaha asalkan kita pandai mengelola nya.
2.2 Materi Pelatihan
Materi dari kegiatan pembuatan hijab ini
adalah melatih ketrampilan dalam membuat sebuah jilbab, kesabaran dan ketekunan
serta inovasi baru dalam pembuatan sebuah produk fashion hijab sehingga
konsumen tidak merasa bosan, serta cara pengemasannya .
2.3 Waktu Dan Tempat
Pelaksanaan
Dalam Proses penjualan saya memiliki
beberapa cara :
- Via Offline
Saya berencana
untuk memilih lokasi di Batu aji dan menyewa ruko atau tempat outdoor untuk
berjualan. Waktu yang saya tentukan untuk berjualan via offline yaitu Hari
Senin s.d Jumat , jam 10.00 – 22.00 WIB .
- Via Online
Saya berencana
untuk menjual di toko online seperti Bukalapak, Lazada, OLX.com dan saya juga
membuat Blog dan membuat akun sosial media seperti fanspage facebook,
instagram, Google+, Snapchat untuk membantu meningkatkan penjualan produk jilbab
saya, karena semakin canggih teknologi maka akan mempermudah proses jual beli.
Waktu yang saya tentukan untuk berjualan via online yaitu Hari Senin s.d Sabtu
jam 10.00 – 21.00 WIB .
2.4 Target Pemasaran
Target saya adalah wanita khususnya muslimah mulai
dari anak-anak hingga dewasa bisa membeli produk saya dengan harga yang
terjangkau, sehingga konsumen tidak perlu khawatir soal harga produk jilbab
saya.
2.5 Aspek Organisasi dan
Manajemen
Untuk usaha ini masih terbilang kecil jadi
masih belum ada karyawan untuk usaha ini.
2.6 Analisis SWOT.
Setiap kegiatan untuk memulai usaha saya
harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui
analisis SWOT.
1) Strength ( kekuatan)
Kekuatan dari produk ini ialah :
a)
Menjual
produk untuk semua kalangan masyarakat khususnya untuk wanita muslim .
b)
Harga
terjangkau
c)
Kualitas produk ada dua yaitu medium quality dan hight
quality
d)
Memudahkan dalam menggunakan jilbab
e)
Tidak memerlukan jarum
f)
Walaupun bersifat hijab instant tetapi produk yang
dijual tidak terlihat kuno
g)
Memiliki varian warna dan motif
h)
Memiliki
asuransi produk
2) Weaknes (Kelemahan).
Kelemahan dari produk ini :
a)
Membutuhkan modal yang cukup banyak
b)
Produknya
mudah di tiru
c)
Pemasaran
cukup lama.
3) Oportunity (Peluang)
a)
Harga terjangkau
b)
Banyak peminatnya
c)
Bisa digunakan mulai dari kalangan anak-anak hingga
orang tua
d)
Mudah mencari tempat untuk menjual produk
4) Thereath (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan
harga yang tidak terlalu mahal dan menjual dengan produk sama namun
memilik ciri khas tersendiri dari produk yang akan saya jual.
2.7 Rancangan Aktivitas Untuk Meningkatkan
Penjualan
2.7.1 Level Sosial Konsumen
(segmen pasar)
Dunia fashion yang semakin berkembang seiring dengan zamanya menuntut adanya
perfomance yang ingin ditampilkan oleh masing – masing pengusaha. Oleh sebab
itu usaha fashion hijab ini adalah sebuah penampilan terbaru yang masyarakat
taunya hanya sebatas kebutuhan tetapi ternyata dizaman sekarang hijab sudah
dijadikan fashion yang trendi. Segmen
pasar yang dituju oleh usaha ini adalah dari berbagai kelas karena mengingat
harga dari jajanan ini yang di berikan dengan harga yang terjangkau.
2.7.2 Strategi Pemasaran
Saya memiliki
beberapa strategi pemasaran yang terdiri dari empat elemen
(product, price, place dan promotion). Berikut penjelasan dari masing – masing
elemen tersebut:
1)
Product
Produk
yang saya buat
merupakan produk yang sudah ada dalam masyarakat akan tetapi yang membedakan
adalah ini merupakan produk fashion hijab yang masih jarang ada
di Kota Batam. Dan jilbab yang dibuat
memiliki ciri khas tersendiri sehingga yang memakainya akan terlihat lebih muda
karena warna yang digunakan adalah warna pastel dengan motif yang lucu.
2)
Price
Saya
berusaha memberikan harga yang terjangkau agar bisa dibeli oleh masyarakat kebawah hingga menengah ke atas, dan sesuai dengan kantong anak – anak remaja
masa kini. Oleh karena itu saya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan bahan kebutuh membuat
jilbab seperti kain dan tempat menjahit yang mampu diajak bekerja sama dan
memberikan harga yang benar – benar
murah.
3)
Place dan Promotion
Disini
saya memilih rumah saya sebagai pertama penjualan dan daerah batu aji dan
pertokoan batam centre sebagai
tempat yang mudah dijangkau oleh banyak orang sehingga mudah diketahui dan
dikenal oleh banyak orang. Walaupun usaha ini sudah saya rintis
sebelumnya, saya masih memerlukan modal yang cukup besar untuk
mempromosikan nya secara langsung kepada masyarakat sekitar. maka dari itu di awal pembukaan, saya memberikan promosi dengan memberikan harga yang terjangkau dari harga yang saya tawarkan sebelumnya. Dan
tidak lupa saya mencantumkan nama usaha saya pada saat pengemasan jilbab sehingga orang – orang akan mengenal usaha
saya. Selain itu saya juga melakukan promosi dengan cara mengikuti event-event
anak muda yang sering diadakan di alun-alun engku putri, Mall, dan sekolah. Dari sini mereka akan mengetahui produk saya
sehingga akan terbangun kepercayaan
kepada saya dan akan tersebar dari mulut kemulut. Terkadang ini sangat
membantu untuk menaikkan penjualan jilbab yang saya produksi .
4)
Saluran Distribusi
Saya
memiliki beberapa saluran distribusi untuk mengembangkan produk yang saya
ciptakan disini, diantaranya sebagai berikut:
- Dengan menjual langsung kepada konsumen
- Dengan menerima pesanan dalam jumlah yang banyak.
- Menerima Reseller
- Dalam tahap pertama, saya akan menjual produk saya dengan sendirinya dan membawa ke kampus untuk dipromosikan kepada teman-teman dan menitipkan nya di toko/butik yang berhubungan dengan fashion.
2.8 Bahan – bahan yang
dibutuhkan untuk proses pembuatan jilbab instant :
No
|
Nama
Barang
|
Kebutuhan
|
|||
1
|
Katun
Rayon Motif Cantik-ET-15
|
Dibutuhkan
2 Roll motif bunga
|
|||
Katun
Rayon Motif Cantik-ET-15
|
2 roll
motif kartun
|
||||
Kain
Balotelli Polos Cantik-BSD -05
Lebar : 1,50 meter |
2 roll
|
||||
BKC-Kain Balotelli
Motif Cantik-ET-11
Lebar : 1,50 meter |
2 Roll
|
||||
Kain wolfis
lebar 1,5 m
|
2
Roll
|
2.9 Modal Awal :
membuat rancangan biaya untuk pembelian bahan
Jilbab Instant. Rincian biayanya sebagai berikut :
a) 2 meter kain sifon = Rp.85.000,00
b) Jasa
menjahit jilbab = Rp.15.000,00
c) Jasa
menjahit bagian tepi jilbab =
Rp.15.000,00
d) Ongkos = Rp.15.000,00 +
=
Rp 130.000,00
2.9.1 Hasil
Penjualan Dan Keuntungan
1) Hasil penjualan
Penjualan Jilbab Instan 2
Harga tiap Jilbab Rp.85.000,00
( @85 x 2 bungkus )
2) Keuntungan usaha
Untung = Hasil penjualan – Biaya pembuatan
Yaitu ; ( Rp. 170,000 – Rp.13000,00) = Rp 40.000,00
Setelah kita lihat daftar di atas, kegiatan
pembuatan jilbab tersebut membutuhkan modal yang cukup besar agar bisa
memproduksi banyak jilbab.
2.10 Jasa yang dibutuhkan pada saat proses pembuatan
jilbab instan
1)
2 Jasa menjahit jilbab
2)
Jasa mengukur jilbab
a.
Alat – alat
yang digunakan :
1) 2 Mesin
jahit
2) Benang
3) Jarum jahit
4) Pengukur
kain jilbab
BAB III
METODOLOGI
PELAKSANAAN
3.1 Jumlah Tenaga Kerja
yang di Butuhkan
NO
|
JUMLAH TENAGA KERJA
|
JOB DESCRIPTION
|
1
|
2 orang
|
Mengurus proses
pembuatan jilbab dan menjahit jilbab
|
2
|
2 orang
|
Mengurus
pengukuran kain yang akan dibuat untuk jilbab
|
3
|
1 orang
|
Mengawasi proses
pembuatan jilbab
|
4
|
2 orang
|
Mengurus proses
pengemasan jilbab yang akan dijual
|
5
|
1 orang
|
Menjadi kasir
ditempat penjualan jilbab
|
6
|
2 orang
|
1 sebagai penjaga
toko , 1 bertugas mempromosikan produk jilbab yang dijual
|
BAB IV
BIAYA DAN JADWAL
KEGIATAN
4.1 Jadwal Kegiatan
NO
|
KEGIATAN
|
BULAN
|
Bulan
|
|
A
|
PERSIAPAN
|
1
|
2
|
3
|
1
|
Penetapan Rencana Kerja
|
√
|
||
2
|
Persiapan Bahan
|
√
|
||
3
|
Persiapan Alat
|
√
|
||
4
|
Persiapan Biaya Kebutuhan
|
√
|
||
B
|
PELAKSANAAN
|
|||
1
|
Tahap Pembelian Bahan Baku
|
√
|
||
2
|
Produksi
|
√
|
||
3
|
Promosi Via Online
|
√
|
||
4
|
Pemasaran Via Online
|
√
|
||
5
|
Promosi Via Offline
|
√
|
||
6
|
Pemasaran Via Offline
|
√
|
||
7
|
Pendistribusian Produk
|
√
|
||
8
|
Evaluasi Produk
|
√
|
||
C
|
PENYUSUNAN LAPORAN
|
|||
1
|
Analisis Data
|
√
|
||
2
|
Membuat Draf Laporan
|
√
|
||
3
|
Perbaikan Laporan
|
√
|
||
4
|
Penggandaan Laporan Akhir
|
√
|
||
5
|
Pengiriman Laporan
|
√
|
4.2 Modal Yang di Butuhkan
Berdasarkan
data diatas dalam proses memproduksi sebuah jilbab instan membutuhkan modal
yang cukup banyak sehingga telah didapat biaya yang harusnya di keluarkan
sebagai berikut :
a) 2 Roll Katun
Rayon motif bunga =
Rp1.000,000
b) 2 Roll Katun
Rayon motif kartun = Rp1.000,000
c)
2 Roll Kain Balotelli Polos = Rp1.000,000
d)
2 Roll Kain Balotelli Motif Cantik = Rp1.000,000
e)
2 Roll Kain wolfi = Rp1.000,000
f)
Jasa menjahit produk = Rp1.000,000
g)
Ongkos = Rp500,000
h)
Walpaper
dinding = Rp2.000,000
i)
Dekorasi = Rp1.000,000
j)
6
Manekin kepala = Rp600,000
k)
4
Gantungan Jilbab = Rp700,000
l)
2
Etalase jilbab = Rp3.000,000
m)
Hanger
= Rp3.000,000
n)
Lemari
Panjang = Rp3.000,000
o)
Papan
Nama = Rp600,000 +
= Rp19.400,000
Daftar Pustaka
Lampiran
Testimoni pelanggan :
0 comments: