Masalah, Gejala, dan Solusi dalam jaringan Komputer (Troubleshooting Jaringan)
1. Gejala :koneksi jaringan putus - putus
*Masalah
Kemungkinan tidak berfungsinya komponen jaringan yang disebabkan oleh korosi (berkarat), aus dan rusak. Korosi terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala.
*Solusi
Mengganti komponen yang rusak dengan yang baru dan sering merawat komponen tersebut.
2. Gejala : komputer tidak dapat terkoneksi dengan sistem jaringan kabel
*Masalah
1. Kemungkinan terjadinya gangguan atau kerusakan pada kartu jaringan (Network
Interface Card).
2. Kemungkinan bermasalah pada kabel seperti; susunan, pemasangan, terputus, koslet.
3. Kemungkinan bermasalah pada konektor misalnya, tidak rapat, salah satu pinnya rusak
2. Kemungkinan bermasalah pada kabel seperti; susunan, pemasangan, terputus, koslet.
3. Kemungkinan bermasalah pada konektor misalnya, tidak rapat, salah satu pinnya rusak
*Solusi
1. Periksa Kartu jaringan apakah sudah terpasang dengan baik, kemudian jika masih seperti itu sebaiknya diganti
2. Periksa Kabel baik pemasangan, susunan kemudian cek kondisi kabel apakah dalam kondisi yang baik.
3. Periksa terlebih dahulu kondisi dari konektor, dan jika masih seperti itu sebaiknya diganti.
2. Periksa Kabel baik pemasangan, susunan kemudian cek kondisi kabel apakah dalam kondisi yang baik.
3. Periksa terlebih dahulu kondisi dari konektor, dan jika masih seperti itu sebaiknya diganti.
3. Gejala
Lampu indikator tidak menyala pada kartu jaringan dan pada Hub/switch.
Lampu indikator tidak menyala pada kartu jaringan dan pada Hub/switch.
*Masalah
Kemungkinan permasalahan pada kabel atau konektor tidak terpasang dengan baik (longgar) atau susunan kabel yang salah atau kabel terputus.
*Solusi
Cek kembali apakah konektor terpasang dengan baik dan pastikan tidak ada kabel yang terbalik susunannya serta tidak putus.
Muncul pesan IP conflic.
*Masalah
Terjadi alamat / IP
Address yang sama.
*Solusi
Melakukan setting ulang alamat IP
Address dan subnetmasknya sesuai dengan jaringan yang digunakan.
5. Gejala
Folder atau file tidak dapat diakses pada komputer lain.
Folder atau file tidak dapat diakses pada komputer lain.
*Masalah
Dikarenakan folder atau file tersebut belum di sharing.
*Solusi
Cara masuk ke windows
explorer pilih data atau directory yang akah disharingkan kemudian klik kanan lalu klik sharing
6. Gejala
Icon Local Area Conection tidak tampil pada network conection di control panel.
Icon Local Area Conection tidak tampil pada network conection di control panel.
*Masalah
1.Kemungkinan Driver belum terinstall.
2.Pemasangan kartu jaringan kurang baik.
3.Kemungkinan slot pci kotor atau rusak.
4.Kartu jaringan rusak.
2.Pemasangan kartu jaringan kurang baik.
3.Kemungkinan slot pci kotor atau rusak.
4.Kartu jaringan rusak.
*Solusi
1.Cari dan install
Driver yang sesuai dengan kartu jaringan.
2.Periksa pemasangan kartu jaringan.
3.Bersihkan slot pci yang kotor atau pindahkan ke slot pci yang lain.
4.Ganti kartu jaringan.
2.Periksa pemasangan kartu jaringan.
3.Bersihkan slot pci yang kotor atau pindahkan ke slot pci yang lain.
4.Ganti kartu jaringan.
7. Gejala
Komputer meminta user dan password pada saat diakses oleh komputer lain pada jaringan peer to peer.
Komputer meminta user dan password pada saat diakses oleh komputer lain pada jaringan peer to peer.
*Masalah
1. Pada windows xp belum ada data
yang tersharing
2. Pada windows
7 atau Vista Password protected sharing belum di turn off
kan
*Solusi
1. Sharing folder atau file terlebih dahulu pada windows xp.
2. Masuk keControl Panel lalu Network and Sharing Center kemudian Advanced sharing settings lalu turn off kan file protected sharing.
1. Sharing folder atau file terlebih dahulu pada windows xp.
2. Masuk keControl Panel lalu Network and Sharing Center kemudian Advanced sharing settings lalu turn off kan file protected sharing.
8. Gejala
Tidak bisa Login dalam jaringan (Tidak terhubung dengan internet).
Tidak bisa Login dalam jaringan (Tidak terhubung dengan internet).
*Masalah
Tidak bisa masuk dalam jaringan berarti client tidak dapat mengakses jaringan secara keseluruhan. (Tidak terhubung dengan
internet).
*Solusi
Dibatasi oleh mikrotik, mintalah admin untuk mendaftarkan physical
address komputer yang dipakai atau meminta untuk dibuatkan account.
Lampu indikator pada kartu jaringan dan pada switch/hub hidup, kabel utp yang digunakan dalam kondisi yang baik, akan tetapi tidak dapat terhubung.
*Masalah
Kemungkinan terjadi kerusakan pada port kartu jaringan.
*Solusi
Mengganti Kartu jaringan (Network
Interface Card) dengan yang baru.
Lampu indikator pada kartu jaringan dan pada switch/hub mati, kondisi kartu jaringan dan switch dalam keadaan yang baik.
*Masalah
Kemungkinan ada masalah dengan kabel yang digunakan.
*Solusi
Ganti Konektor (RJ-45) dengan yang baru , dang
anti apabila perlu. Dan juga periksa susunan warna kabelnya, juga kerapatan antara kabel dengan konektor.
0 comments: