Objek Wisata di Pulau Bintan

7:31 PM littleusagistory 0 Comments

Hai minna san~moshi moshiiiiii >,<)/** kali ini gue mau share wisata di Bintan kebetulan kemarin gue ada filedtrip bersama kampus disana, mau tau???
nih selengkapnyaaaaaa~~~~yuhuuuuuuuuuu

1. Wisata Gunung Bintan

 Berwisata ke Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau terasa kurang lengkap sebelum menyambangi Gunung Bintan. Satu-satunya gunung yang berada di Pulau Bintan ini sebenarnya lebih mirip sebuah bukit, karena ketinggiannya hanya sekitar 400 m di atas permukaan laut. Ketinggian gunung ini mungkin tidak seberapa jika dibandingkan dengan gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa, namun Gunung Bintan mempunyai peran penting bagi masyarakat setempat, yaitu sebagai daya tarik kunjungan wisata dan area resapan air (catchment area). Gunung yang terletak di tengah-tengah Pulau Bintan dan berjarak sekitar 55 km dari Kota Tanjung Pinang (Ibukota Provinsi Kepulauan Riau) ini juga merupakan kawasan hutan lindung yang di dalamnya terdapat ekosistem khas hutan hujan tropis yang masih terjaga keasliannya, baik aspek flora maupun faunanya.
Pepohonan di Gunung Bintan sering digunakan oleh para pengunjung sebagai tempat singgah setelah lelah menyusuri kawasan wisata ini. Tak jarang di antara mereka memanfaatkan air terjun ini sebagai tempat mandi karena kesejukannya dianggap dapat menghilangkan rasa lelah. Kawasan di kaki gunung juga dimanfaatkan penduduk setempat sebagai lahan pertanian mereka. Di tempat ini banyak terdapat kebun buah penduduk, seperti durian, rambutan, manggis, duku, dan lain-lain. Jika wisatawan berkunjung tepat pada saat musim buah, wisatawan dapat membeli buah langsung dari petaninya, tentu saja dengan harga yang lebih murah. Selain itu, rasanya juga lebih enak dan segar karena langsung dipetik dari pohonnya.
Bagi wisatawan yang tertarik dengan acara-acara khas pariwisata, sempatkanlah bertandang ke Gunung Bintan pada bulan Juli. Pada setiap bulan ini diselenggarakan acara tahunan yang bertajuk `Bintan Mountain Tracking and Durian Party`. Acara ini berupa perlombaan menyusuri jalan berundak menuju puncak gunung pada malam hari yang kemudian diakhiri dengan pesta makan durian dan ikan bakar. Acara yang telah dimasukkan ke dalam kalender wisata Pemerintah Kabupaten Bintan ini selalu berlangsung meriah, karena diikuti tidak hanya oleh wisatawan lokal, tetapi juga oleh turis mancanegara.Perjalanan sekitar 55 km menuju Gunung Bintan dapat ditempuh dengan menggunakan taksi atau mobil sewaan. Letak Gunung Bintan yang tepat di tengah-tengah Pulau Bintan, didukung dengan kondisi jalan yang sudah baik, membuat perjalanan menuju ke gunung ini terasa mudah.

                          Pemerintah Kabupaten Kepulauan Riau telah melengkapi obyek wisata Gunung Bintan dengan beberapa fasilitas, seperti lahan parkir, jalan setapak menuju lokasi air terjun, tempat pemandian, warung makan, dan tempat peristirahatan.

2. Wisata Kuliner Sate Kuda & Sate Kelinci

        Jajanan kuliner sate pasti sudah tidak asing lagi dilidah para pecinta kuliner, karena sate yang sreing dijajakan seperti biasanya sudah banyak yang menjualnya di Kabupaten Bintan, namun lain hal dengan Sate yang satu ini. Sate Kuda yang dijajakan, Mas Agus (38) d Jalan Permaisuri tepatnya disamping Masjid At-Taqwa, Sangat patut dicoba para penikmat jajanan kuliner makanan ringan, karena memang hanya ada satu-satunya di Tanjung Uban. Selain memang dagingnya asli dari daging Kuda, Sate ini sangat enak dan nikmat untuk para pecinta Sate yang belum pernah merasakan sensasi rasa kenyal, ditambah bumbu rahasia berasal dari daging Kuda buatan Mas Agus.
Hanya dengan membayar Rp.20.000 bisa mendapatkan 1 porsi sate kuda ditambah dengan nasi, sedangkan untuk sate kelinci ditambah nasi seharga Rp.18.000. Akses menuju wisata kuliner unik ini sangatlah mudah, bisa menggunakan kendaraan umum karena terletak di jalan besar tepatnya di jalan Permasiuri disamping masjid At-Taqwa menuju pelabuhan tanjung uban, tidak perlu susah mencari nya karena akan terlihat gambar Kuda dan Kelinci di depan warung milik mas Agus ini

3.Istana Bhumimalapura 


Bhumimalapura dulunya merupakan Istana yang digunakan oleh kerajaan Melayu, masyarakat menyebutnya biasa dengan Istana Kota Kara. Namun berjalan seiringnya waktu kerajaan ini telah hilang pada abad ke-013 atau 2003 tahun yang lalu, hingga sekarang yang mengurus istana bhumimalapura adalah bapak Noy dan ibu Sofia.

 


Di Istana ini belum dikembangkan atraksi-atraksi yang menarik karena semenjak kerajaan Melayu ini hilang hanya dikelola oleh masyarakat setempat.
Akses menuju Istana ini cukup susah karena jauh dari perkotaan dan harus menggunakan kendaraan pribadi jika ingin berkunjung bersama rombongan.
 
Fasilitas yang dimiliki hanya sebuah ruangan aula yang cukup luas dan memilki 2 lantai. Dan biasanya hanya digunakan untuk acara-acara penting saja.


4. De Bintan Villa

De Bintan Villa & Resto yang terletak di perbukitan batu alami. Villa ini banyak dikatakan pengunjung seperti tempat wisata Kampung Daun yang ada di Cihideung, Bandung. De Villa Bintan & Resto di bangun sejak tahun 2012 dengan luas 6 hektare ini terdiri dari 7 villa dengan kapasitas kamar sebanyak 14 unit, dengan bentuk villa yang tersusun menanjak dengan 1 menara yang ada dipuncak bukit.

Terdapat pemandangan yang sangat indah di atas menara puncak de’bintan villa, kita dapat melihat gunung Bintan dan fasilitas outbond yang terletak tidak jauh dari Villa. Dan pada saat malam hari kita bisa menikmati bintang dan suasana malam yang sangat sejuk dan hening dari atas bukit.


Akses menuju de’bintan villa cukup mudah bisa menggunakan kendaraan pribadi/bus untuk rombongan karena lokasinya cukup jauh dari perkotaan.





Fasilitas yang dimiliki cukup banyak terdiri dari kolam renang, sepeda,karaoke, billiard, sepeda,outbond,mushola dan saung yang bisa dinikmati pengunjung.




 4. Fishing Shop
 

Fishing shop yang hanya satu-satunya di Bintan ini sudah terkenal dan tidak diragukan lagi, selain membelinya kita bisa juga menyewa alat pancing. Dapat juga dilihat dari webnya  bintantokopancing.blogspot.co.id.
Fishing shop ini sudah banyak peminatnya karena owner yang ramah dan membantu mencari solusi dalam membeli alat pancing. Dan juga terdapat berbagai macam kebutuhan yang kita butuhkan pada saat memancing, selain kita membeli alat pancing, pengunjung juga bisa menyewa nya dengan harga yang terjangkau.
Akses menuju Fishing shop ini sangat mudah karena letaknya dekat dengan jalan besar yang ramai dengan pedagang-pedagang kaki lima dan wisata kuliner lainnya. Lokasinya terdapat di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Kepri.

You Might Also Like

0 comments: