Gerhana Matahari 2016

6:15 PM littleusagistory 0 Comments


Moshi..moshi minaa~genki desu ka??..Kali ini gue mau ngebahas tentang fenomena alam yang lagi heboh akhir-akhir ini,siapa sih yang gak tau fenomena gerhana matahari?yang terjadi 300 tahun sekali,memang sih gak semua daerah diindonesia bisa menikmati gerhana matahari total,tapi kalian jangan khawatir kita gak harus merayakan gerhana matahari ini dengan berselfie,dan melihatnya dengan kaca mata,untuk umat muslim kita juga bisa merasakan nya dengan cara sholat gerhana matahari,sesuai dengan hadist yang tertera dibawah ini :
Dari Al Mughiroh bin Syu’bah, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حَتَّى يَنْجَلِىَ
”Matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Kedua gerhana tersebut tidak terjadi karena kematian atau lahirnya seseorang. Jika kalian melihat keduanya, berdo’alah pada Allah, lalu shalatlah hingga gerhana tersebut hilang (berakhir).” (HR. Bukhari no. 1060 dan Muslim no. 904)
dan juga
Shalat gerhana juga boleh dilakukan pada waktu terlarang untuk shalat. Jadi, jika gerhana muncul setelah Ashar, padahal waktu tersebut adalah waktu terlarang untuk shalat, maka shalat gerhana tetap boleh dilaksanakan. Dalilnya adalah:
 فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَافْزَعُوا إِلَى الصَّلاَةِ
 ”Jika kalian melihat kedua gerhana matahari dan bulan, bersegeralah menunaikan shalat.” (HR. Bukhari no. 1047). Dalam hadits ini tidak dibatasi waktunya. Kapan saja melihat gerhana termasuk waktu terlarang untuk shalat, maka shalat gerhana tersebut tetap dilaksanakan.

Maka dari itu jangan sia-sia kan momen penting tersebut dengan hal yang tidak bermanfaat,kita boleh melihatnya tetapi dibarengi dengan melakukan hal-hal yang sunah seperti bersedekah,berdoa/zikir kepada Allah swt.
mungkin kali ini gue gak mau panjang lebar ya,sekian dulu dari gue semoga informasi ini bermanfaat buat kalian,dan menambah pengetahuan kita.

You Might Also Like

0 comments: