Contoh Proposal Wirausaha

10:43 PM littleusagistory 0 Comments


Catatan :
Font 12 Time News Roman
Size Kertas A4
Space 1,5
Paragraf Rata kanan kiri







PROPOSAL BUSINESS PLAN




USAHA HIJAB INSTAN SYABI
BUSINESS PLAN


Diusulkan oleh:
Hanifah Salsabila 1641166




LED PROGRAM
UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM
DESEMBER 2016

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang selalu melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyusun tugas mata pelajaran kewirausahaan dengan membahas susunan-susunan dalam bentuk proposal yang berjudul “Usaha Jilbab Instan Syabi”
            Pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan banyak terima kasih kepada:
1.   Bapak dosen bidang kewirausahaan yang telah memberikan tugas, petuntuk kepada kami sehingga kami bermotifasi dan menyelesaikan tugas ini.
2.   Orang tua yang telah turut membantu, membimbing dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai.
Akhirnya walaupun dalam penulisan proposal ini kami telah berusaha semaksimal mungkin, namun kami menyadari masih banyak kekurangan dalam berbagai hal. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dan penyempurnaan dimasa yang akan datang.
Harapan kami semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan fikiran bagi pihak yang membutuhkan khususnya bagi kami sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

                                                                        Batam,................... 2016
                                                                        Penulis,


                                                                        Hanifah Salsabila

                                                                               



DAFTAR ISI
Cover.......................................................................................................................................... i
Kata Pengantar........................................................................................................................ ii
Ringkasan................................................................................................................................ iv
Bab I Pendahuluan.................................................................................................................. 1
1.1 Latar Belakang ............................................................................................................... 1
    1.2 Tujuan............................................................................................................................... 1
    1.3 Manfaat Kegiatan............................................................................................................. 1
Bab II Pelaksanaan Program.................................................................................................. 4
2.1 Prospek Pengembangan .................................................................................................. 2
2.2 Materi Pelatihan  ............................................................................................................. 2
2.3 Waktu Dan Tempat Pelaksana  ....................................................................................... 2
2.4 Target Pemasaran  ........................................................................................................... 2
2.5 Aspek Organisasi dan Manajemen  ................................................................................ 2
2.6 Analisis SWOT  .............................................................................................................. 2
2.7 Rancangan Aktivitas Untuk Meningkatkan Penjualan  .................................................. 2
       2.7.1  Level Sosial Konsumen (segmen pasar) .............................................................. 2
       2.7.2  Strategi Pemasaran............................................................................................... 2
2.8 Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan jilbab instant........................ 6
2.9 Modal Awal..................................................................................................................... 8
       2.9.1 Hasil Penjualan Dan Keuntungan.......................................................................... 8
2.10 Jasa yang dibutuhkan untuk proses pembuatan jilbab instant....................................... 8
Bab III Metodologi Pelaksanaan ....................................................................................... 9
     3.1  Jumlah Tenaga Kerja yang di Butuhkan ....................................................................... 9

Bab IV Biaya Dan Jadwal Kegiatan.................................................................................... 10
    4.1 Jadwal Kegiatan............................................................................................................. 10
    4.2 Modal Yang di Butuhkan ............................................................................................. 11
Daftar Pustaka ...................................................................................................................... 12
Lampiran ............................................................................................................................... 13






                                                          











RINGKASAN
Salsabila Stuff adalah perusahaan kecil yang bekerja dalam bidang fashion, hijab ataupun jilbab yang siap pakai tanpa harus repot-repot lagi menggunakan jarum ataupun peniti. Target pasar saya dari tingkat anak – anak sampai orang dewasa namun khususnya kepada wanita muslim. Dalam rencana pengembangan usaha, saya memiliki dua cara agar proses pengembangan cepat dan tidak menunggu lama. Cara yang pertama saya menggunakan sistem Online proses nya cukup panjang, awal merintis usaha ini tidaklah mudah pertama saya memulai usaha pada tahun 2015 kemudian menjual produk melalui facebook dan instagram.Karena berkembangnya teknologi yang canggih saya memulai menjual produk saya di toko online seperti Bukalapak, Olx, Lazada dan Blibli.com,saya menawarkan berbagai macam diskon untuk menarik pelanggan dan pelayanan yang saya berikan adalah pelayanan yang terbaik sehingga konsumen betah untuk berbelanja di Salsabila stuff. Cara kedua yang saya lakukan adalah melalui face to face atau bertemu langsung dengan konsumen agar meyakinkan produk yang saya jual memilik kualitas yang bagus dan tidak pasaran, dan produk saya ini memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki toko lain. Mereka dapat melihat produk saya darimana dan kapan saja dan langsung memesan, tanpa harus datang ke tempat kami, karena itulah saya lebih fokus menjual produk saya via online shop. Prospek pengembangan ini, saya optimis bisa meningkatkan penghasilan perusahaan saya untuk kedepannya,karena saya akan terus membuat inovasi-inovasi terbaru agar produk saya tidak membosankan dan bisa berkembang dengan sukses.
                                                                                                                      




Setiap minggu saya menargetkan minimal 12 jilbab terjual. Data ini saya dapatkan berdasarkan perhitungan yang saya lakukan, agar perputaran uang dalam perusahaan berjalan dengan baik. Rencana pendapatan perusahaan perbulan jika produk terjual sebanyak target minimal yaitu 12 item dengan modal produksi Rp.85,000 hingga Rp.130,000 dan kami jual  dipasaran dengan harga Rp 90.000/item maka kami mendapatkan keuntngan sebesar Rp Rp.1.080,000 – 1.560,000/bulan.
Estimasi modal yang kami butuhkan, sekitar Rp19.400,000-. Modal tersebut diperuntukkan untuk pengadaan barang modal yang nantinya akan saya jual kembali. Dalam sistem bisnis, kami membeli produk mereka dengan sistem kredit. Dari modal awal kami memberikan uang muka sebagai tanda kesepakatan bisnis.


















              BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pilihan sebuah usaha yang tepat sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Dalam laporan wirausaha, penulis mencoba mengamati sebuah usaha yang bergerak dibidang fashion hijab. Fashion hijab sebagai salah satu fashion trendi yang sedang marak di kalangan wanita muslim karena selain sebagai fashion, hijab juga merupakan kebutuhan sehari hari seorang muslimah namun penulis akan mencoba mempermudah cara pemakaian hijab yang lebih modern lagi namun tetap menutup aurat tanpa harus ribet menggunakan jarum atau peniti sehingga lebih mudah digunakan untuk kalangan wanita muslim mulai dari anak-anak hingga dewasa. Khususnya diwilayah Batam Kepulauan Riau mayoritasnya adalah islam  dan dalam hal pemasaran jangka waktu panjang hijab instan memiliki pangsa pasar yang cukup baik. Hal ini menjadikan penulis tertarik untuk mempelajari bagaimana cara usaha pembuatan hijab instan.

1.2  Tujuan
Membuat suatu usaha dibidang fashion hijab dengan gaya yang modern namun instan dan memiliki daya tarik tersendiri sehingga memiliki nilai jual ekonomis di masyarakat.

1.3  Manfaat Kegiatan
1)      Mengamati aspek-aspek penting dalam berwirausaha yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha.
2)      Menambah wawasan tentang cara memulai usaha.
3)      Melatih dalam pembuatan rencana anggaran secara sistematis.
4)      Sebagai pedoman wirausaha untuk tetap fokus pada tujuan dan target bisnisnya.





BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM

2.1  PROSPEK PENGEMBANGAN
Berbisnis tidak hanya dapat di lakukan dengan barang – barang yang harus baru setiap saat. Tetapi hanya dengan barang yang sederhana dan ide yang inovatif, kita dapat membuat hasil kreasi barang yang memuaskan dan bahkan dapat mendatangkan keuntungan.
Kreasi juga bisa datang dari sekedar hobi, Hobi ternyata bisa mendatangkan keuntungan. Dari tangan-tangan kreatif, sebuah hobi bisa mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yang lumayan. Hal utama yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen.
Banyak hal yang dapat dijadikan sebagai objek untuk berbisnis. Salah satu usaha yang bisa dijadikan bisnis yaitu usaha dibidang Fashion hijab. Tidak diragukan lagi dari tahun ke tahun fashion hijab memilik perkembangan yang cukup pesat sehingga semakin banyak juga wanita muslim yang mulai memakai jilbab belakangan ini, banyak sekali yang mulai mengembangkan model hijab sehingga bisa dikenal mancanegara sebagai fashion yang trendi masa kini. Karena hijab adalah kebutuhan sehari hari wanita muslim, maka saya akan membuat jilbab yang mudah untuk digunakan sehari hari dan nyaman. banyak orang yang mengira memakai jilbab itu akan ketinggalan zaman, padahal dizaman sekarang fashion yang sangat marak dan banyak digeluti oleh artis maupun desainer ternama adalah fashion hijab. Untuk itu, usaha fashion hijab yang saya dirikan ini sangat banyak manfaatnya dan soal kualitas tidak perlu diragukan lagi.
Tidak hanya itu, karena saya merintis usaha ini pada saat saya masih duduk dibangku sekolah, saya ingin mengembangkan nya lebih baik lagi dan memberitahu kepada masyarakat luar bahwa membuka sebuah usaha pada awalnya tidak perlu memilik modal hanya dengan menjual produk orang lain kita akan bisa membuka sebuah usaha asalkan kita pandai mengelola nya.

2.2   Materi Pelatihan
Materi dari kegiatan pembuatan hijab ini adalah melatih ketrampilan dalam membuat sebuah jilbab, kesabaran dan ketekunan serta inovasi baru dalam pembuatan sebuah produk fashion hijab sehingga konsumen tidak merasa bosan, serta cara pengemasannya .

2.3  Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
 Dalam Proses penjualan saya memiliki beberapa cara :
  1. Via Offline
Saya berencana untuk memilih lokasi di Batu aji dan menyewa ruko atau tempat outdoor untuk berjualan. Waktu yang saya tentukan untuk berjualan via offline yaitu Hari Senin s.d Jumat , jam 10.00 – 22.00 WIB .
  1. Via Online
Saya berencana untuk menjual di toko online seperti Bukalapak, Lazada, OLX.com dan saya juga membuat Blog dan membuat akun sosial media seperti fanspage facebook, instagram, Google+, Snapchat untuk membantu meningkatkan penjualan produk jilbab saya, karena semakin canggih teknologi maka akan mempermudah proses jual beli. Waktu yang saya tentukan untuk berjualan via online yaitu Hari Senin s.d Sabtu jam 10.00 – 21.00 WIB .

2.4   Target Pemasaran
Target saya adalah wanita khususnya muslimah mulai dari anak-anak hingga dewasa bisa membeli produk saya dengan harga yang terjangkau, sehingga konsumen tidak perlu khawatir soal harga produk jilbab saya.

2.5  Aspek Organisasi dan Manajemen
Untuk usaha ini masih terbilang kecil jadi masih belum ada karyawan untuk usaha ini.
2.6  Analisis SWOT.
  Setiap kegiatan untuk memulai usaha saya harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1)      Strength ( kekuatan)
Kekuatan dari produk ini ialah :
a)      Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat khususnya untuk wanita muslim .
b)      Harga terjangkau
c)      Kualitas produk ada dua yaitu medium quality dan hight quality
d)     Memudahkan dalam menggunakan jilbab
e)      Tidak memerlukan jarum
f)       Walaupun bersifat hijab instant tetapi produk yang dijual tidak terlihat kuno
g)      Memiliki varian warna dan motif
h)      Memiliki asuransi produk

2)      Weaknes (Kelemahan).
     Kelemahan dari produk ini :
a)      Membutuhkan modal yang cukup banyak
b)      Produknya mudah di tiru
c)      Pemasaran cukup lama.

3)      Oportunity (Peluang)
a)      Harga terjangkau
b)      Banyak peminatnya
c)      Bisa digunakan mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua
d)     Mudah mencari tempat untuk menjual produk


4)      Thereath (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan  harga yang tidak terlalu mahal dan menjual dengan produk sama namun memilik ciri khas tersendiri dari produk yang akan saya jual.

2.7  Rancangan Aktivitas Untuk Meningkatkan Penjualan
              2.7.1  Level Sosial Konsumen (segmen pasar)
 Dunia fashion yang semakin berkembang seiring dengan zamanya menuntut adanya perfomance yang ingin ditampilkan oleh masing – masing pengusaha. Oleh sebab itu usaha fashion hijab ini adalah sebuah penampilan terbaru yang masyarakat taunya hanya sebatas kebutuhan tetapi ternyata dizaman sekarang hijab sudah dijadikan fashion yang trendi. Segmen pasar yang dituju oleh usaha ini adalah dari berbagai kelas karena mengingat harga dari jajanan ini yang di berikan dengan harga yang terjangkau. 
 2.7.2 Strategi Pemasaran
Saya memiliki beberapa strategi pemasaran yang terdiri dari empat   elemen (product, price, place dan promotion). Berikut penjelasan dari masing – masing elemen tersebut:
1)      Product
Produk yang saya buat merupakan produk yang sudah ada dalam masyarakat akan tetapi yang membedakan adalah ini merupakan produk fashion hijab yang masih jarang ada di Kota Batam. Dan jilbab yang dibuat memiliki ciri khas tersendiri sehingga yang memakainya akan terlihat lebih muda karena warna yang digunakan adalah warna pastel dengan motif yang lucu.

2)      Price
Saya berusaha memberikan harga yang terjangkau agar bisa  dibeli oleh masyarakat kebawah hingga menengah ke atas, dan sesuai dengan kantong anak – anak remaja masa kini. Oleh karena itu saya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan bahan kebutuh membuat jilbab seperti kain dan tempat menjahit yang mampu diajak bekerja sama dan memberikan harga yang benar – benar murah.
3)      Place dan Promotion
Disini saya memilih rumah saya sebagai pertama penjualan dan daerah batu aji dan pertokoan batam centre sebagai tempat yang mudah dijangkau oleh banyak orang sehingga mudah diketahui dan dikenal oleh banyak orang. Walaupun usaha ini sudah saya rintis sebelumnya, saya masih memerlukan modal yang cukup besar untuk mempromosikan nya secara langsung kepada masyarakat sekitar. maka dari itu di awal pembukaan, saya memberikan promosi dengan  memberikan harga yang terjangkau dari harga yang saya tawarkan sebelumnya. Dan tidak lupa saya mencantumkan nama usaha saya pada saat pengemasan jilbab sehingga orang – orang akan mengenal usaha saya. Selain itu saya juga melakukan promosi dengan cara mengikuti event-event anak muda yang sering diadakan di alun-alun engku putri, Mall, dan sekolah. Dari sini mereka akan mengetahui produk saya sehingga akan  terbangun kepercayaan kepada saya dan akan tersebar dari mulut kemulut. Terkadang ini sangat membantu untuk menaikkan penjualan jilbab yang saya produksi .

4)      Saluran Distribusi
Saya memiliki beberapa saluran distribusi untuk mengembangkan produk yang saya ciptakan disini, diantaranya sebagai berikut:
  1. Dengan menjual langsung kepada konsumen
  2. Dengan menerima pesanan dalam jumlah yang banyak.
  3. Menerima Reseller
  4. Dalam tahap pertama, saya akan menjual produk saya dengan sendirinya dan membawa ke kampus untuk dipromosikan kepada teman-teman dan menitipkan nya di toko/butik yang berhubungan dengan fashion.















2.8 Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan jilbab instant :
No
Nama Barang
Kebutuhan
1
Katun Rayon Motif  Cantik-ET-15
Dibutuhkan 2 Roll motif bunga

Katun Rayon Motif  Cantik-ET-15








2 roll motif kartun

Kain Balotelli Polos Cantik-BSD -05
Lebar : 1,50 meter

2 roll

BKC-Kain Balotelli Motif Cantik-ET-11
Lebar : 1,50 meter

2 Roll




Kain wolfis
lebar 1,5 m





2        Roll









2.9  Modal Awal :
 membuat rancangan biaya untuk pembelian bahan Jilbab Instant. Rincian biayanya sebagai berikut :
a)      2 meter kain sifon                                           = Rp.85.000,00
b)      Jasa menjahit jilbab                                         = Rp.15.000,00
c)      Jasa menjahit bagian tepi jilbab                       = Rp.15.000,00                      
d)     Ongkos                                                            = Rp.15.000,00  +
                                                                                    = Rp 130.000,00

2.9.1  Hasil Penjualan Dan Keuntungan

1)      Hasil penjualan
Penjualan Jilbab Instan 2
Harga tiap Jilbab Rp.85.000,00
( @85 x 2 bungkus )

2)      Keuntungan usaha
           Untung = Hasil penjualan – Biaya pembuatan
Yaitu ; ( Rp. 170,000 – Rp.13000,00)            = Rp 40.000,00
Setelah kita lihat daftar di atas, kegiatan pembuatan jilbab tersebut membutuhkan modal yang cukup besar agar bisa memproduksi banyak jilbab.

2.10  Jasa yang dibutuhkan pada saat proses pembuatan jilbab instan
1)      2 Jasa menjahit jilbab
2)      Jasa mengukur jilbab
a.       Alat – alat yang digunakan :
1)      2 Mesin jahit
2)      Benang
3)      Jarum jahit
4)      Pengukur kain jilbab


BAB III
METODOLOGI PELAKSANAAN

3.1  Jumlah Tenaga Kerja yang di Butuhkan

NO
JUMLAH TENAGA KERJA
JOB DESCRIPTION
1
2 orang
Mengurus proses pembuatan jilbab dan menjahit jilbab
2
2 orang
Mengurus pengukuran kain yang akan dibuat untuk jilbab
3
1 orang
Mengawasi proses pembuatan jilbab
4
2 orang
Mengurus proses pengemasan jilbab yang akan dijual
5
1 orang
Menjadi kasir ditempat penjualan jilbab
6
2 orang
1 sebagai penjaga toko , 1 bertugas mempromosikan produk jilbab yang dijual


                                                                                                     
















BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Jadwal Kegiatan
NO
KEGIATAN
BULAN
Bulan
A
PERSIAPAN
1
2
3
1
Penetapan Rencana Kerja


2
Persiapan Bahan


3
Persiapan Alat


4
Persiapan Biaya Kebutuhan


B
PELAKSANAAN


1
Tahap Pembelian Bahan Baku


2
Produksi


3
Promosi Via Online


4
Pemasaran Via Online


5
Promosi Via Offline


6
Pemasaran Via Offline


7
Pendistribusian Produk


8
Evaluasi Produk


C
PENYUSUNAN LAPORAN



1
Analisis Data


2
Membuat Draf Laporan


3
Perbaikan Laporan


4
Penggandaan Laporan Akhir


5
Pengiriman Laporan










4.2  Modal Yang di Butuhkan
            Berdasarkan data diatas dalam proses memproduksi sebuah jilbab instan membutuhkan modal yang cukup banyak sehingga telah didapat biaya yang harusnya di keluarkan sebagai berikut :
a)      2 Roll Katun Rayon motif bunga                   = Rp1.000,000
b)      2 Roll Katun Rayon motif kartun                   = Rp1.000,000
c)      2 Roll Kain Balotelli Polos                             = Rp1.000,000
d)     2 Roll Kain Balotelli Motif Cantik                 = Rp1.000,000                       
e)      2 Roll Kain wolfi                                            = Rp1.000,000           
f)       Jasa menjahit produk                                      = Rp1.000,000
g)      Ongkos                                                            = Rp500,000
h)      Walpaper dinding                                           = Rp2.000,000
i)        Dekorasi                                                          = Rp1.000,000
j)        6 Manekin kepala                                            = Rp600,000
k)      4 Gantungan Jilbab                                         = Rp700,000
l)        2 Etalase jilbab                                                = Rp3.000,000
m)    Hanger                                                            = Rp3.000,000
n)      Lemari Panjang                                               = Rp3.000,000
o)      Papan Nama                                                    = Rp600,000  +
                                                                                    = Rp19.400,000
                                                                                                  













Daftar Pustaka
















                                                                                    











Lampiran
Testimoni pelanggan :























































































































































































































































































































You Might Also Like

0 comments: